7355df85c016b02c18b6a3efd44184087b3485d2

Cara Hemat Gunakan Internet di Android ~ Gadget Review UA-36127192-1
Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Kamis, 13 Juni 2013

Cara Hemat Gunakan Internet di Android

    OPERATOR seluler berbasis GSM gencar menawarkan layanan internet dengan volume based (quota) dan paket unlimited. Varian dan denominasi pulsa paket internet yang ditawarkan juga terbilang menarik dan ekonomis untuk kocek konsumen kebanyakan.   Sebut saja untuk paket volume based Rp 50.000, operator menyiapkan batasan hingga 2 GB dengan kecepatan mobile broadband 3.5 G.
    Dibanding paket unlimited, biasanya paket internet berbasis quota harganya lebih murah, pasalnya jika kapasitas sudah habis, maka layanan internet benar-benar tidak bisa tersambung lagi. Seperti contoh di atas, paket quota 2 GB bisa sangat cukup digunakan sebulan, tapi harus benar-benar menghemat penggunaannya. Supaya penggunaan paket internet quota tepat sasaran, berikut tipsnya:

* Matikan koneksi internet saat tak digunakan
    Koneksi internet di Android jelas beda dengan pola di BlackBerry. Bila gadget idle, seperti waktu jam tidur, matikanlah koneksi internet, tapi jangan pasang moda fligh mode, bisa-bisa ada telepon atau SMS yang penting tidak dapat diterima.
    Dengan mematikan internet selama jam tidur, maka pemborosan bandwidth untuk notifikasi Facebook, email, dan Twitter bisa diredam. Quota data pun bisa dihemat untuk hal-hal yang tak perlu. Untuk aplikasi chatting WhatsApp juga tak perlu dirisaukan, sebab bila ada pesan masuk, keesokan harinya tetap akan bisa menerima offline massage.

* Matikan Auto-sync yang tak perlu
    Ada banyak pilihan untuk auto-sync, akun Google sendiri punya beberapa layanan, sebaiknya pilih yang penting-penting saja, misalnya Contacts, Gmail, dan Calendar.

* Matikan auto-update Google Play Store
    Setiap kita mengunduh aplikasi, selalu ditawarkan untuk mendapat auto update. Secara default pilihan auto-update ini memang tercentang. Pilihan lainnya adalah auto-update ketika menggunakan koneksi WiFi saja. Ini akan menhhemat quota banyak sekali karena ukuran aplikasi Android lumayan besar.

* Foto dan Video Perlu Quota Besar
    Melihat konten foto dan video – entah itu melalui browser atau aplikasi jejaring sosial semacam Facebook dan Instagram, membutuhkan quota paket data yang cukup besar. Jadi bijaklah, jangan terlalu sering membuka konten foto/gambar dan video. Bila ingin melihat atau menonton video streaming dari YouTube misalnya, lebih baik cari sumber akses WiFi gratisan.

* Atur batas penggunaan paket data
    Android versi 4 ke atas sudah dilengkapi fitur untuk memonitor paket data sekaligus membatasi penggunaannya. Fitur ini dapat Anda temui pada menu settings. Aturlah pengingatnya sesuai dengan quota paket internet, misalnya quota 1 GB, maka pasang pengingat pada level 1 GB lebih dulu, lalu setelah kena peringatan maka bisa lebih waspada dalam penggunaan layanan internet. (*)

Sumber : www.selular.co.id

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes