7355df85c016b02c18b6a3efd44184087b3485d2

Amankan Password ala Google ~ Gadget Review UA-36127192-1
Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Senin, 17 Juni 2013

Amankan Password ala Google

    PASSWORD adalah sesuatu yang sangat penting di dunia maya. Penting mengetahui bagaimana agar tetap aman di dunia maya. Google, satu di antara perusahaan yang bergerak di bidang layanan dunia maya membuat sebuah situs khusus bernama "Tenang Rasanya".
    Dalam situs ini, pelanggan dan pengguna layanan internet dapat mengetahui beragam saran dan tips agar tetap aman selama berselancar di dunia maya. Menurut Diana Smetters, Software Engineer Google, bisa jadi Gmail, foto atau dokumen yang Anda miliki dalam Akun Google atau akun apapun yang Anda miliki tetap terjaga keamanannya. Berikut beberapa tips yang dapat mulai dilakukan :

1. Gunakan password yang berbeda untuk setiap layanan penting   
    Pastikan Anda memiliki password yang berbeda untuk setiap akun online penting yang Anda miliki. Orang jahat dapat mencuri username dan password dari satu situs, dan kemudian menggunakannya untuk mencoba login ke banyak situs lain di mana Anda mungkin memiliki akun di website tersebut.
    Bahkan hal yang lebih besar, terkadang situs terkemuka yang memiliki database password dapat dicuri. Jika Anda menggunakan passwordyang sama di berbagai situs, kemungkinan besar daftar passwordAnda dapat dicuri. Dan semakin banyak akun yang Anda miliki mengunakan password tersebut, semakin banyak kemungkinan data Anda hilang apabila password tersebut telah dicuri.
    Buatlah account sendiri, membuat password yang kuat dapat membantu melindungi Anda dan informasi Anda di akun tersebut. Mulai hari ini, pastikan menggunakan password yang unik di akun Google Anda.

2. Bikin kata sandi Anda sulit untuk ditebak   
    "Password." "123456." "Nama saya Inigo Montoya. Kau membunuh ayahku. Bersiaplah untuk mati!" Contoh-contoh ini adalah password yang tidak dianjurkan karena semua orang bisa tahu termasuk para penyerang yang berpotensi. Buatlah password yang lebih panjang lagi atau lebih rumit agar mereka para orang jahat atau orang yang mengenal Anda sulit untuk menebak.
    Kami tahu hal ini sulit: karena password rata-rata tidak lebih dari 8 karakter, dan banyak yang hanya menggunakan huruf. Didalam sebuah database dari 32 juta password nyata yang dibuat oleh publik pada tahun 2009, para analisis menunjukkan hanya 54 persen termasuk angka, dan hanya 3,7 persen yang memiliki karakter khusus seperti & atau $.
    Satu cara untuk membangun sebuah password yang kuat adalah  memikirkan sebuah frase atau kalimat yang orang lain tidak akan tahu dan kemudian menggunakannya untuk membuat password Anda.
    Sebagai contoh, untuk email Anda, Anda bisa memikirkan pesan pribadi seperti "Saya ingin menanggapi email lebih baik lagi dengan cepat dan ringkas" dan kemudian membuat sandi Anda dari angka, simbol, dan huruf pertama dari setiap kata seperti "iw2gb @ r2eq & c ".
    Jangan gunakan frase populer atau lirik untuk membuat sandi Anda. Para peneliti menyarankan bahwa orang-orang tertarik ke frase yang sama, dan Anda ingin hanya Anda yang mengetahui sandi Anda.

3. Simpan sandi Anda di tempat yang aman   
    Para Peneliti menunjukan bahwa kekhawatiran untuk mengingat terlalu banyak password adalah alasan utama orang menggunakan kembalipassword tertentu di beberapa layanan. Tapi jangan khawatir jika Anda telah membuat begitu banyak password dan Anda sulit untuk mengingatnya, tidak apa-apa jika Anda ingin membuat daftar dan menuliskannya.
    Pastikan Anda menyimpan daftar tersebut di tempat yang aman, di mana Anda tidak akan kehilangan itu dan orang lain tidak dapat menemukannya. Jika Anda lebih memilih untuk mengelola passworddigital Anda, password manager terpercaya mungkin menjadi pilihan yang baik. Chrome dan banyak web browser memiliki manajerpassword gratis yang dibangun didalamnya, dan ada banyak pilihan independen serta-mengambil beberapa menit untuk membaca ulasan dan melihat apa yang akan menjadi yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

4. Mempersiapkan recovery option   
    Pernahkah Anda lupa password Anda? Apakah salah satu teman Anda pernah terkunci dari account mereka? Setting a recovery option, seperti alamat email alternatif atau nomor telepon, dapat membantu memberikan penyediaan layanan lain untuk menghubungi Anda jika Anda terkunci dari akun Anda.
    Memiliki telepon pemulihan yang up-to-date atau alamat email adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda bisa kembali ke account Anda dengan cepat jika terjadi masalah. Jika Anda belum mempersiapkan recovery option untuk Akun Google Anda, tambahkan sekarang. Jika sudah, hanya membutuhkan beberapa detik untuk memastikan hal tersebut sudah diperbarui.
    Sebagai catatan, Google tidak membatasi password yang panjang, buatlah yang aneh! Google memiliki tips lain tentang cara untuk memilih password yang baik di Pusat Bantuan. Silakan reset passwordpenting dengan menggunakan tips di atas atau masuk ke situs "Tenang Rasanya". (*)

Sumber: Tribunnews

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes