7355df85c016b02c18b6a3efd44184087b3485d2

TalkBack, Asisten Pribadi untuk Tunanetra ~ Gadget Review UA-36127192-1
Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Rabu, 22 Mei 2013

TalkBack, Asisten Pribadi untuk Tunanetra

    SATU sesi yang menarik perhatian dalam Google I/O 2013 beberapa waktu lalu adalah saat presentasi 'Enabling Blind and Low-Vision Accessibility on Android'. Sebelumnya, iOS sudah terlebih dahulu terjun pada isu yang sama.
    Memang, Android telah membuat penambahan untuk platform tersebut. Diharapkan bisa membuat pengembang lebih mudah bikin aplikasi lebih bersahabat bagi tunanetra atau orang dengan kemampuan melihat rendah (low vision).
    Pada dasarnya, para teknisi di Google telah memangkas proses menjadi lima langkah bagi pengembang. Hal ini memungkinkan bagi Android untuk menggunakan fitur aksesibilitas yang memanfaatkan TalkBack atau mengaktifkan perangkat yang terhubung sehingga dapat memberikan gambaran yang dapat dibaca oleh tunanetra menggunakan emulator Braille (BrailleBack).
    Menurut PhoneArena, hal tersebut juga tidak terlepas dari peran TV Raman yang tak lain merupakan ilmuwan di Google. Bersama dengan dua orang dari timnya, Casey Burkhart dan Alan Viverette dalam penyelenggaraan Google I/O 2013, mereka menguraikan fungsi dan menjelaskan metode yang dapat digunakan pengembang untuk mengoptimalkan aplikasi ciptaan mereka menggunakan alat bantu aksebilitas Android.
    TalkBack saat ini telah menjadi bagian dari OS Android. BrailleBack yang dilengkapi dengan pengaturan untuk aksebilitas pun sudah bisa didapatkan di Google Play Store. (*)

Sumber: detik.com

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes