UA-36127192-1

Minggu, 26 Mei 2013

Atasi Kerusakan Pada Kartu Memori

    KARTU memori apa pun itu jenisnya, menjelma jadi elemen penting dalam penggunaan ponsel, tak pandang itu high end atau low end, semuanya cukup bergantung pada kartu memori, seperti jenis microSD yang kini banyak digunakan. Terlebih pada ponsel merek lokal, peran kartu memori amat vital untuk menjalankan beragam aplikasi, pasalnya kapasitas memori internal ponsel jenis ini terbilang minim.
    Kerusakan pada kartu memori sering juga disebut memory corrupt. Ini terjadi karena rusaknya sistem file, dan bukan terjadi kerusakan pada kartu memori secara fisik. Indikasi dari memory corrupt yakni konten yang tidak dapat terdeteksi atau tidak bisa dibuka. Bila mendapati masalah seperti itu, maka formatlah kartu memori tersebut. Berikut langkah-langkah untuk melakukan format kartu memori.

1. Lepas kartu memori
    Sebenarnya di beberapa ponsele terdapat ‘tata krama’ untuk melepas (remove) kartu memori, dengan mengikuti petunjuk yang ada, maka program yang sedang berjalan di dalam ponsel tidak akan mengalami crash. Ponsel Symbian dan Android Gingerbread sudah dilengkapi tools untuk remove kartu memori, sedangkan pada BlackBerry dan Windows Mobile tidak dijumpai.

2. Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksplorer), misalnya pada drive (D,E,F,G,H   atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, dan pilih menu ‘Format’.

3. Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan Anda memilih  sistem format file FAT.

4. Klik tombol ‘Format Now’ dan tunggu hingga selesai. Jika muncul pesan ‘error’ kemudian PC tidak bisa memformat lagi, gunakan cara lain yakni format lewat menu Command Line.

Cara Format lewat Command Line
1. Pada PC, klik Start --> Run, dan ketik CMD. Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.

2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT (h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)

3. Tunggu hingga selesai. Jika masih muncul masalah pada kartu memori, silahkan gunakan memory card reader lain. Tetapi jika memang sudah tidak bisa diperbaiki kembali, terpaksa kartu memori tersebut harus ditukar dengan penjualnya, jika masih bergaransi. Perlu diingat, sebelum membeli kartu memori, perhatikan merek dan jaminan garansi yang diberikan. (thp)


Sumber : Tabloid HandPhone

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes