7355df85c016b02c18b6a3efd44184087b3485d2

Begini Tips Memilih Headset ~ Gadget Review UA-36127192-1
Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Selasa, 09 Juli 2013

Begini Tips Memilih Headset

    HEADSET adalah asesoris biasa disertakan saat pembelian ponsel. Tak jarang headset paketan dari vendor kualitasnya kurang baik. Sensasi mendnegar musik jadi tak maksimal, meskipun ponsel punya kemampuan pemutar musik yang mantap.
    Jika demikian, lebih baik membeli headset optional yang dijual di gerai-gerai. Pilihan yang tersedia lumayan banyak, mulai dari merek terkenal sampai merek-merek lokal. Selain kualitas dan harga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli headset.

* Budget dan Merek
    Sebelum membeli headphone/headset, harus memperhatikan merek serta budget. Merek-merek seperti Sony, Panasonic,  Philips, Beats Audio, JVC, dan Sennheiser pastinya terkenal dengan kualitas tinggi. Tapi harga headset ini relatif agak mahal. Biasanya headset dengan harga di atas Rp 150.000 kualitasnya sudah cukup baik

* Bentuk dan style headphone
    Ada beberapa macam bentuk headphone, jadi sebelum memilih pikirkan baik-baik bentuk headphone yang mau dibeli. Ada tiga macam headphone yaitu over ear (model headphone/speaker menutupi seluruh telinga), earbuds (model headphone/speaker menempel di lubang telinga tapi tidak masuk) dan in ear (model earphone/speaker yang masuk ke lubang telinga).

* Panjang Kabel
    Setiap orang punya kebutuhan berbeda-beda  terkait bagaimana menempatkan jarak antara ponsel di body dengan headset di telinga.

* Kegunaan headphone
    Harus menentukan headphone jenis apa dengan dengan selera musik yang disuka. Seperti lagu metal, hip hop cocok dengan headphone tipe Warm (output suara cenderung bass, suara bass jedag jedug, suara agak kecil). Aliran rock, klasik cocok dengan Bright (output suara cenderung treble) atau Natural (treble dan bass seimbang).

* Spesifikasi headphone
a. Frekuensi
    Kemampuan headphone dalam merespon frekuensi gelombang suara. Contoh: 6.000 Hz - 28.000 Hz. Headphone yang bagus memiliki rentang frekuensi yang besar, semakin lebar rentangnya semakin baik. Semakin rendah frekuensi bawahnya semakin baik karena headphone bisa memperdengarkan suara-sauara berfrekuensi rendah. Selain itu semakin tinggi frekuensi atasnya semakin baik. Mungkin aja ada beberapa suara yang tidak terdengar selama ini jadi muncul.

b. Impedance (hambatan)
    Untuk Impedance, semakin besar itu belum tentu semakin baik atau sebaliknya. Namun dapat disesuaikan dengan selera kita. Biasa-nya Headphone memilki impedance >= 32 ohm.

c. Sensitifitas
    Sensitifitas headphone ditunjukan oleh tuliasn SPL (Sound Pressure Level) dalam satuan mW (mili Watt) atau kalau di kemasannya langsung ditulis desiBel. Contoh: 114 dB. Dari sini kita bisa mengetahui seberapa keras suara yang dapat dikeluarkan oleh sebuah headphone. Semakin besar angkanya semakin keras suaranya, jadi gak perlu ngebesarin volume player kita.
    Tapi tetap harus hati-hati karena dengan angka yang besar bisa menggangu fungsi pendengaran kita bahkan kerusakan pendengaran secara permanen. Amannya, carilah headphone yang memiliki sensitifitas < 85dB. Tapi kebanyakan sekarang di pasaran sensitifitas headphone adalah > 100 dB. (*)


Sumber : www.selular.co.id

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes