7355df85c016b02c18b6a3efd44184087b3485d2

Jelly Bean, Si Manis yang Menggoda ~ Gadget Review UA-36127192-1
Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Senin, 05 November 2012

Jelly Bean, Si Manis yang Menggoda

      BARU-BARU ini Google meluncurkan sistem operasi terbarunya Android 4.2 Jelly Bean. Dibanding versi sebelumnya, Android 4.2 memang tidak banyak menawarkan fitur baru. Namun perubahan di dalamnya membuat sistem operasi ini makin 'manis' dan menggoda untuk dicicipi.
    Android 4.2 yang masih dalam keluarga Jelly Bean secara otomatis ditanamkan para ponsel cerdas Nexus 4 dan tablet PC Nexus 10. Tapi sistem operasi ini juga tak tertutup kemungkinan digunakan di perangkat lain.  Seluruh perubahan yang ditawarkan terlihat menggiurkan. Berikut beberapa fitur baru Android 4.2 dikutip dari Cnet.

* Swipe Keyboard
    Perubahan pertama terdapat pada sisi keyboard. Di sini pengguna bisa membuat tulisan hanya dengan melakukan swipe di atas keyboard virtual. Keyboard tersebut juga akan menampilkan prediksi kata yang semakin 'pintar'.
    Teknik mengetik seperti itu memang bukan hal baru, dan sudah disediakan oleh vendor pihak ketiga seperti aplikasi SwiftKey. Nah, keputusan Google untuk menanamkan fitur ini di dalam Android dianggap akan menjadi ancaman bagi para pengembang aplikasi sejenis.

* Kamera Panorama nan Unik
    Kamera di Android 4.2 juga semakin dipercanggih dengan aplikasi Photo Sphere yang membuatnya mampu menangkap gambar panorama hingga 360 derajat. Mungkin terdengar bukan hal baru dan sudah banyak disediakan pembuat aplikasi di Google Play Store, tapi aplikasi ini punya keunikan sendiri. Misalnya, kemampuan menangkap gambar panorama baik secara vertikal atau pun horizontal.

* Bisa Login Berbagai User
    Bagi pengguna tablet Android mungkin akan semakin dimanjakan dengan versi terbaru ini, pasalnya Android 4.2 ini sudah mendukung multiple sign-in. Fitur tersebut mirip dengan yang ada di Windows 8 Pro atau RT, pengguna bisa masuk sebagai salah satu user dengan konfigurasi sesuai dengan masing-masing user.
    Di sini pengguna bisa mengostumisasi tampilan home screen, background, widget dan aplikasi yang sering dipakai. Cukup menarik bukan? Jadi setiap user menggunakan tablet dengan cara yang lebih personal.
    Keputusan Google menerapkan fitur tersebut dinilai tepat. Sebab, biasanya tablet akan digunakan oleh sebagian anggota keluarga yang punya selera dan kebutuhan berbeda.

* Google Now Semakin Pintar
    Fitur lainnya di Android 4.2 adalah Miracast, fungsinya mirip dengan AirPlay besutan Apple namun dengan beberapa kelebihan. Melalui fitur tersebut pengguna bisa melakukan streaming video dan audio ke televisi tanpa harus melewati jaringan WiFi. Fitur ini sepertinya memiliki potensi yang luar biasa karena didukung penuh oleh LG dan Samsung.
    Hal terakhir yang dipermak di Android 4.2 adalah asisten digital Google Now. 'Kartu ajaib' di dalam aplikasi ini diklaim akan lebih pintar, misalnya dapat menginformasikan jadwal penerbangan, reservasi restoran bahkan konfirmasi hotel meski belum ditanya oleh pengguna. (*)

Fitur baru Android 4.2:
- PhotoSphere, dengan fitur ini, pun bisa memakai kamera handphone
  Android  untuk mengambil foto 360 derajat
- Peningkatan pada virtual keyboardnya. Mereka menambahkan fitur
  bernama Gesture Typing
- Fitur multiple user pada tablet
- Gambar atau video melalui televisi secara mudah.


Sumber: dirangkum dari detiknet dan Cnet
Foto:


1 komentar:

Qoreader mengatakan...

sayang, fitur minimize windows dan taskbar belum ada, padahal menurut ane itu juga penting supaya lebih mudah berganti aplikasi.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes